Otentik Waffer (Semprong)


Kue Semprong merupakan salah satu jenis kue kering tradisional yang tentu saja anda semua pasti pernah mencicipinya. Kue ini memiliki rasa yang manis dan sangat renyah ketika digigit yang menjadikannya sebagai salah satu dari ciri khasnya, selain itu juga memiliki bentuk yang cukup unik yaitu seperti pipa yang tengahnya bolong.

Nama dari kue ini sendiri sebenarnya juga unik, karena masyarakat Jawa jaman dahulu juga mengenal semprong sebagai kaca berbentuk pipa yang digunakan pada lampu minyak tradisional(senthir). Namun apakah memang benar jika kue Semprong ini dinamakan demikian karena mirip dengan benda yang terbuat dari kaca tersebut kami sendiri juga tidak menemukan informasi yang akurat, dan yang pasti keduanya memang berbentuk seperti pipa.

Menariknya lagi untuk beberapa penghasil kue Semprong pada umumnya membuat kue ini yang permukaannya dibuat seperti ada ukiran dengan motif-motif tertentu sehingga terlihat lebih menarik. Ukiran pada kue ini bisa dibuat sesuai dengan gambar ukiran yang ada pada alat pencetaknya, yang bisa dibilang khusus. Selain itu walaupun sebagain besar berbentuk pipa pada perkembangannya kue semprong juga ada yang dibentuk segitiga dan bentuk-bentuk lainnya sesuai dengan selera.

Komentar